Sunday, October 23, 2011

Menurunnya Wisatawan Berkunjung ke Objek Wisata Gunung Sinabung dan Danau Kawar

MEJUAH-JUAH

Gunung Sinabung adalah sebuah gunung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Sinabung bersama Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara.  Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara. Gunung Sinabung memiliki ketinggian 2.640 meter diatas permukaan laut. Koordinat puncak Gunung Sinabung adalah 3 derajat 10 menit LU,98 derajat 23 menit BT. Di lereng gunung sinabung terdapat danau yang sangat indah yang dinamakan danau kawar.
Gunung ini sebelumnya belum pernah tercatat meletus sejak tahun 1600. Namun pada dini hari pukul 00.15  WIB tanggal 29 Agustus 2010 silam tragedi yang tak diinginkan itu benar-benar terjadi. Sejak tanggal 27 Agustus ( dua hari sebelumnya) tercatat bahwa gunung ini terus mengeluarkan asap dan debu vulkanik yang mengharuskan sebagian warga harus mengungsi ke tempat yang berada di luar jangkauan debu vulkanik tersebut, karena dikhawatirkan asap dan debu yang keluar mengandung racun yang dapat mengganggu kesehatan.
Tragedi meletusnya gunung sinabung ini tentunya membawa dampak negatif terhadap kunjungan wisatawan ke objek wisata yang indah ini. Padahal bulan agustus merupakan bulan kunjungan wisatawan dari luar negeri yaitu negara Belanda, Inggris, Australia, dan berbagai negara di Asia Tenggara. Jumlah wisatawan asing yang akan berkunjung pada tahun 2010 diperkirakan mencapai 30.000 orang, namun yang tercatat hanya 8.000 orang saja. 
Kunjungan wisatawan pada tahun 2011 diharapkan semakin meningkat karera di perkirakan tidak akan ada letusan lagi. Namun sampai saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung tidak kalah sepinya sama seperti pada tahun 2010. Faktor apakah yang menyebabkan hal demikian?
 

No comments:

Post a Comment